Laman

Selasa, 04 November 2014

Pengertian,Sejarah, Macam-Macam Dan Manfaat Blog




Pengertian
Blog sebenarnya adalah sebuah website juga, baik pengertian maupun cara kerjanya. Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel pengertian website.Yang sedikit agak berbeda adalah blog layaknya sebuah mesin untuk membangun website dengan lebih mudah dan gratis. Semua peralatan telah tersedia, kita tinggal menggunakantanpa harus membayar.

                Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
                Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen- dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. 
                Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal

Sejarah
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakuisisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Macam-macam Blog

  1. Blog politik                         : Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  2. Blog pribadi                       : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik                    : Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  4. Blog kesehatan                 : Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentangkeluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  5. Blog sastra                          : Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  6. Blog perjalanan                   : Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  7. Blog mode                          : Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  8. Blog riset                             : Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  9. Blog hukum                        : Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  10. Blog media                         : Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  11. Blog agama                         : Membahas tentang agama
  12. Blog pendidikan                   : Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  13. Blog kebersamaan          : Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  14. Blog petunjuk                   : Berisi ratusan link halaman website.
  15. Blog bisnis                          : Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  16. Blog pengejawantahan : Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  17. Blog pengganggu             : Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  18. Blog virus (virus)              : Digunakan untuk merusak
Manfa'at Blog


1.       Sarana promosi diri. Manfaat blog yang kedua adalah sebagai media promosi diri. Kamu yang berprofesi di bidang apapun bisa memperkuat pandangan orang tentang diri Kamu. Dengan menulis di blog, orang lain yang membaca akan lebih mengenal Kamu baik secara personal maupun secara impersonal. Di blog Kamu juga bebas mengungkapkan ideologi Kamu dan menyebarkan pesan-pesan yang baik. Kamu juga bisa berbagi informasi dan pengetahuan yang Kamu miliki demi perkembangan para pembaca blog Kamu.

2.       Sarana belajar menulis. Dengan memiliki blog, Kamu wajib menulis bagaimanapun caranya. Blog Kamu harus diisi secara berkala baik itu dengan berbagai artikel atau cerita yang bisa Kamu buat sendiri. Memang Kamu bisa mengambil bahan dari tempat lain. Namun alangkah baiknya Kamu mencoba untuk menulis sendiri karena dengan demikian Kamu akan memperoleh manfaat yang lebih dari blog ini. 

3.       Sarana promosi produk dan jasa. Banyak orang yang menggunakan blog sebagai sarana promosi. Jika dulu Kamu harus membuat sebuah website sebagai toko online untuk menjual produk, maka saat ini blog juga bisa menjadi toko online Kamu. Di blog, Kamu bisa memaparkan berbagai informasi produk yang Kamu jual. Kamu juga bisa menampilkan gambar dan foto produk yang Kamu jual. Selain itu, Kamu juga bisa menjelaskan prosedur dan tata cara pembelian produk dan jasa Kamu. Blog mempermudah promosi online dan manfaat blog ini begitu besar terasa bagi para penjual barang dan jasa karena luasnya cakupan promosi.  

4.       Tempat curahan hati. Manfaat blog lainnya yang juga bisa Kamu raih adalah sebagai tempat curhat dan menulis diari serta perjalanan hidup Kamu. Kalau dulu Kamu harus menulis diari dalam sebuah buku, saat ini Kamu bisa melakukannya secara online. Kamu juga bisa mengatur tingkat kerahasiaan tulisan di blog Kamu sehingga tidak semua orang bisa membaca tulisan Kamu. Blog sangat bersifat personal. 

5.       Sumber penghasilan. Penghasilan bisa Kamu peroleh saat produk Kamu berhasil dijual melalui blog. Namun ada cara lain untuk meraih penghasilan dengan memanfaatkan blog. Jika Kamu tahu tentang Adsense yang ditawarkan oleh Google, maka Kamu akan tahu bahwa blog juga bisa Kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari Adsense Google. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri pada Adsense Google, kemudian menambahkan kode Adsense Google di blog Kamu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar